Benarkah Diabetes Bisa Bikin Penderitanya Buta?

Benarkah Diabetes Bisa Bikin Penderitanya Buta?

Mungkin anda pernah mendengar kalau penderita diabetes bisa mengalami kebutaan. Benarkah Diabetes Bisa Bikin Penderitanya Buta? Lantas mengapa diabetes bisa menyebabkan kebutaan? Untuk mengetahui jawabannya, sebaiknya simak pembahasan berikut ini mengenai hal tersebut, apakah benar diabetes bisa menyebabkan kebutaan.

Benarkah Diabetes Bisa Bikin Penderitanya Buta?

Penyakit diabetes merupakan masalah kesehatan global dengan jumlah kematian yang mencapai 3,7 juta di seluruh dunia dan lebih dari satu perempatnya terjadi di Asia Tenggara. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan 6,9% penduduk Indonesia menderita penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah ini. Secara lebih khusus berdasarkan data yang dirilis Federasi Diabetes Internasional (IDF) pada tahun 2013 penderita diabetes melitus (DM) di Indonesia mencapai 8.554.155 dengan rentang usia 20-79 tahun.

Pada tahun 2014 angka penderita diabetes melitus semakin meningkat mencapai 9,1 juta orang dengan prediksi tahun 2035 jumlah penderita diabetes meningkat hingga 14,1 juta dengan tingkat prevalensi 6,67% untuk populasi dewasa. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, saraf, dan organ tubuh lainnya. Salah satu komplikasi yang muncul pada penderita diabetes melitus adalah komplikasi yang menyebabkan kerusakan retina mata yakni penyebab kebutaan jika dibiarkan.

Risiko Gangguan Mata Pada Penderita Diabetes

Diabetes memiliki dua jenis utama, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Jenis yang paling umum terjadi adalah tipe 2. Sekitar 80% pengidap diabetes di Indonesia menderita diabetes tipe 2. Diabetes melitus yang terjadi karena penurunan produksi insulin dapat berpengaruh pada organ mata dengan berbagai keluhan yang dirasakan, mulai dari merasakan penglihatan mengabur hingga mengalami kebutaan permanen.

Beberapa komplikasi diabetes melitus pada organ mata berkaitan dengan bola mata. Bola mata manusia memiliki permukaan dengan tiga lapisan yaitu sklera berwarna putih, koroid yang menjadi tempat berkumpulnya pembuluh darah, dan lapisan yang paling dalam adalah retina yang berisi sel-sel yang peka terhadap cahaya dan pembuluh darah.

Kondisi pertama gangguan mata pada penderita diabetes melitus setelah mendapatkan pengobatan berupa suntik insulin, ketika insulin masuk dalam aliran darah akan menurukan gula dengan cepat, sehingga lensa mata mengalami dehidrasi (kondisi tubuh kehilangan banyak cairan) yang disebabkan sejumlah cairan mata keluar. Peristiwa ini menyebabkan pandangan mata agak kabur. Biasanya keluhan ini hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan.

Kondisi gangguan mata selanjutnya adalah Diabetik Retinopati. Diabetes melitus menyebabkan pembuluh-pembuluh darah pada sel-sel mata mengalami kerusakan setelah itu muncul lepuh-lepuh kecil yang akan pecah dan mengakibatkan pendarahan yang seringkali menyebabkan kebocoran pada pembuluh darah tersebut sehingga cairan mengumpul pada permukaan retina. Kerusakan retina akibat pengaruh diabetes melitus inilah yang dinamakan Diabetik Retinopati.

Kerusakan retina pada penderita diabetes melitus sangat mengancam kondisi penglihatan karena “Retina” merupakan bagian tempat jatuhnya bayangan benda yang masuk melalui lensa dan pada daerah tersebut juga terdapat pembuh darah yang memasok glukosa dan nutrisi lain yang diperlukan sel-sel mata. Tingginya kadar gula darah penderita diabetes menyebabkan pembuluh darah mengalami kerusakan secara perlahan. Pada pembuluh darah yang mengalami penyumbatan atau bocor, jika terjadi pada retina maka akan timbul pendarahan hingga lama kelamaan dapat mengakibatkan retina terlepas.

Gangguan akibat diabetes ini dapat ditanggulangi dengan pengobatan menggunakan sinar laser. Sinar laser diarahkan pada bagian daerah pinggi tipis retina, untuk membersihkan gumpalan akibat pembuluh darah yang pecah serta mencegah penyaki baru. Semakin cepat komplikasi ini diobati, semakin baik pula hasilnya.

Penyakit mata lainnya yang juga dapat diperparah karena diabetes melitus adalah penyakit Katarak (kekeruhan lensa mata) dan Glaukoma. Orang dewasa dengan diabetes 2-5 kali lebih mungkin mengalami katarak dibandingkan mereka yang tanpa penyakit diabetes.

Glaukoma adalah sekelompok penyakit mata di mana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi yang merusak saraf optik mata, dimana serabut tersebut menghubungkan sinyal penglihatan dari mata ke otak. Pada orang dewasa, penderita diabetes dua kali lipat memiliki risiko glaukoma dibandingkan mereka yang  tanpa diabetes.

Cara Mencegah Kebutaan Pada Penderita Diabetes

Beberapa cara pencegahan gangguan mata pada penderita diabetes melitus adalah dengan rutin memeriksakan kondisi mata (minimal 1 tahun sekali) ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas yang memiliki layanan khusus mata atau rumah sakit, rutin melakukan kontrol gula darah, tekanan darah, dan kolesterol. Selain itu, menjaga gaya hidup sehat sperti tidak merokok, olahraga teratur, dan menjaga makanan akan mengurangi risiko komplikasi diabetes pada mata atau pada organ lainnya.

Jadi, Benarkah Diabetes Bisa Bikin Penderitanya Buta? Semuanya sudah dijelaskan di atas. Dan buat anda yang menderita diabetes, disarankan senantiasa kontrol penyakit diabetes anda, dan tentunya sambil melakukan pengobatan, agar penyakit diabetes yang diderita bisa segera sembuh dan tidak menyebabkan kebutaan.

Sementara itu, untuk mengobati penyakit diabetes, ada rekomendasi bagus berupa pengobatan herbal, yaitu GOLD-G Bio Sea Cucumber atau biasa disebut Jelly Gamat Gold G. Ini adalah obat herbal untuk penyakit diabetes yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah ada testimoninya. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT LUKA DIABETES

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 Reply to “Benarkah Diabetes Bisa Bikin Penderitanya Buta?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *