Benarkah Penderita Diabetes Pantang Makan Kurma?

Benarkah Penderita Diabetes Pantang Makan Kurma?

Benarkah Penderita Diabetes Pantang Makan Kurma? Mungkin itu yang menjadi salah satu pertanyaan anda saat ini yang tengah menderita penyakit diabetes. Nah, untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak penjelasannya berikut ini!

Benarkah Penderita Diabetes Pantang Makan Kurma?

Siapa yang tak mengenal kurma? Buah yang banyak diperjual belikan saat bulan Ramadhan ini memang cukup banyak digandrungi masyarakat. Salah satu alasannya karena rasanya yang manis dan lezat. Tapi apakah rasa manis dari buah kurma aman bila dikonsumsi penderita diabetes? Atau penderita diabetes pantang untuk mengonsumsi kurma?

Buat anda yang tengah menderita diabetes, cobalah anda cek daftar makanan yang harus dihindari oleh anda sebagai seorang penderita diabetes! Pasti anda akan selalu menemukan kurma termasuk di dalamnya. Apa benar buah kurma pantang untuk dikonsumsi penderita diabetes? Ya, karena buah ini dianggap dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Tapi bagaimana dengan fakta yang sebenarnya?

Kurma merupakan jenis buah yang berasal dari keluarga tumbuh-tumbuhan palem. Buah ini mudah ditemukan di Timur Tengah, di mana kurma dianggap sebagai makanan pokok selama berabad-abad lamanya. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan pembuka dalam berbuka puasa. Hal itu karena kurma merupakan buah yang mengandung gula yang tinggi, di mana setelah menahan selama kurang lebih 12 jam tidak makan dan minum, orang berpuasa tentu sangat membutuhkan gula dan air, dua zat pertama yang sebaiknya dikonsumsi. Dan zat tersebut terkandung pada buah kurma.

Kurma tidak mengandung kolesterol, sangat rendah lemak, kaya serat, antioksidan dan berbagai zat gizi lainnya. Anda bisa mendapatkan zat besi, kalium, vitamin B, B6, A dan K, tanin, tembaga, magnesium, mangan, niasin, asam pantotenat, dan riboflavin dari kurma.

Kurma biasa disajikan dalam bentuk kering, sehingga kandungan gula dan kalori buah ini lebih tinggi dari buah segar yang masih mengandung air. Faktanya, 80% berat kurma terdiri dari gula sederhana (fruktosa dan glukosa), di mana jumlah ini jauh lebih tinggi dari buah atau makanan lain. Hal inilah yang mungkin mendasari kenapa buah kurma ini dianggap pantang untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Akan tetapi, hasil studi ilmiah justru menyebutkan sebaliknya. Meski kurma mengandung kadar gula yang tinggi, tapi mengonsumsi kurma tidak akan memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kadar gula darah, termasuk pada penderita diabetes. Di tahun 2009, peneliti dari Israel menguji sekelompok individu sehat yang diminta untuk mengonsumsi 100 gram kurma setiap hari selama 4 minggu. Pada akhir masa uji coba, berat badan dan kadar gula darah responden tetap stabil. Malah, individu tersebut menunjukkan perbaikan kadar trigliserida dan antioksidan dalam darah.

Studi lain di tahun 2011 memperkuat temuan tersebut. Ditemukan bahwa kelima varian kurma yang diteliti memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu di rentang antara 43-53. Karena itu, kurma tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan bagi penderita diabetes.

Sekadar mengingatkan, indeks glikemik merupakan kemampuan suatu makanan atau minuman untuk meningkatkan kadar gula darah. Indeks glikemik dianggap rendah bila angkanya di bawah 55. Itu berarti, indeks glikemik buah kurma memang rendah.

Aturan makan kurma penderita diabetes

Meski penderita diabetes dibolehkan makan kurma, namun tetap harus dalam batas yang wajar. Penderita diabetes pada umumnya diperbolehkan memenuhi 10% kebutuhan kalori totalnya dari gula atau karbohidrat sederhana. Jadi, mengonsumsi kurma 2-3 buah atau 1 sendok makan kurma potong per hari tidak menjadi masalah. Dengan catatan, penderita diabetes tersebut tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman manis lain, serta tetap menjalankan pola makan sehat dan rutin berolahraga 30 menit per hari.

Sebagai informasi, 1 sendok makan kurma memberikan jumlah karbohidrat yang setara dengan ¾-1 mangkuk melon.

Jadi, Benarkah Penderita Diabetes Pantang Makan Kurma? Bagi anda yang menderita diabetes, kini anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi kurma. Buah ini masih terbilang aman dan sehat untuk penderita diabetes, selama dikonsumsi dalam batas yang wajar, yakni tidak lebih dari 3 buah atau satu sendok makan kurma potong per hari.

Sementara itu, untuk mengobati diabetes, ada rekomendasi yang bagus berupa pengobatan herbal, yaitu GOLD-G Bio Sea Cucumber atau biasa disebut Jelly Gamat Gold G. Ini adalah obat herbal untuk penyakit diabetes yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah ada testimoninya. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Baca Juga : Obat Herbal Penurun Gula Darah Diabetes

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT LUKA DIABETES

 

Baca artikel menarik lainnya :

Makanan Apa Saja Yang Baik dan Buruk Untuk Penderita Diabetes?
Makanan Apa Saja Yang Baik dan Buruk Untuk Penderita Diabetes?
Buah Apa yang Layak Dikonsumsi Penderita Diabetes?
Buah Apa yang Layak Dikonsumsi Penderita Diabetes?
Mau Melakukan Diet Karbohidrat ? Lihat Fakta Berikut Ini !
Mau Melakukan Diet Karbohidrat ? Lihat Fakta Berikut Ini !
Manfaat Pepaya Untuk Memutihkan Kulit Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *