Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Anda menderita diabetes?? Berhati-hatilah dalam memilih makanan!! Jika anda ingin mengetahui daftar Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes, simaklah artikel berikut ini yang akan berbagi informasi seputar makanan apa saja yang baik dan bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita DiabetesDiabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh naik/tinggi, dimana kondisi itu membuat timbulnya berbagai macam keluhan kesehatan hingga komplikasi penyakit. Kadar gula darah dalam tubuh bisa naik akibat mengkonsumsi beberapa sumber makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan karbohidrat yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang akan dilepas di dalam darah. Ketika gula darah meningkat di dalam tubuh maka tubuh akan melepas insulin yang membantu mengubah gula dalam darah lalu dimasukkan dalam sel tubuh yang dapat menjadi sumber energi tubuh. Jadi, bagi anda penderita diabetes, sangat disarankan sekali untuk memilih dengan bijak, apa saja makanan yang baik dan bagus anda konsumsi agar gula darah anda tidak naik, sebab bisa berbahaya untuk kesehatan anda. Dan berikut ini ada beberapa makanan sehat yang dapat mengurangi bahaya dari diabetes. Makanan-makanan ini dapat menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh, diantaranya adalah :

Yoghurt Tanpa Lemak

Siapapun membutuhkan cemilan di sela-sela aktivitasnya, namun makanan untuk penderita diabetes ini harus dibedakan. Yoghurt tanpa lemak, bisa jadi pilihan sehat untuk cemilan yang nikmat.

Penelitian : Yoghurt memberi manfaat secara signifikan untuk mengurangi risiko diabetes. Peneliti bidang nutrisi dan epidemilogi Universitas Harvard Dr.Frank Hu mengatakan jika yogurt dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 18%. Tapi Dr.Hu menjelaskan bahwa bukan berarti Anda lantas mengkonsumsi yogurt setiap hari. Dr. Hu menyarankan agar Anda memperhatikan konsumsi makanan selain Yogurt yang dimakan setiap hari, beberapa diantaranya perlu diganti dengan menu lebih sehat.

Bayam

Kandungan lutein pada sayur bayam dapat menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam tubuh. Bayam termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi siapa saja.

Penelitian : Nutrisi Lutein pertama kali ditemukan oleh sebuah penelitian di Universitas Harvard pada tahun 1945. Bagi penderita diabetes, ancaman kebutaan potensinya sangat besar, oleh karena itu kandungan Lutein sering digunakan dalam pengobatan makula mata.

Beras merah

Beras merah sudah dikenal sebagai makanan untuk penderita diabetes, yang akan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dibanding beras putih. Beras merah kaya serat, perbandingan serat antara beras putih dan beras merah adalah 1:8. Itulah sebabnya, seseorang yang mengkonsumsi beras merah tidak merasa kekenyangan dan mengantuk saat makan beras merah. Bandingkan dengan beras putih, sedikit saja beras putih anda konsumsi biasanya mudah diserang kantuk lalu tidur. Saat tidur setelah makan, dipercaya menjadi penyebab kadar gula darah naik.

Oatmeal

Kandungan gula pada oatmeal tidak sama dengan kandungan gula yang terdapat pada nasi, walaupun jenisnya adalah makanan penghasil karbohidrat. Saat mengkonsumsi oatmeal, disarankan tidak menambahkan lagi gula di dalam oatmeal Anda. Marisa More (American Diabetic Association) mengatakan bahwa oatmeal tanpa gula memiliki serat yang tinggi, sehingga tidak meningkatkan gula darah dengan cepat dan tinggi. Cara kerja serat oatmeal sangat baik untuk mengontrol gula darah.

Buah Acai Berry

Senyawa antidoksidan pada blueberry dan beberapa jenis buah “berry” sangat baik bagi tubuh. Semakin gelap warna kulit buah, semakin banyak kandungan zat antidioksidan yang bagus bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis tanaman berry yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah Acai Berry. Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 pada Acai Berry dapat memperbaiki kerusakan sel akibat diabetes.

Bawang Putih

Fungsi bawang putih bagi tubuh adalah makanan rendah kolesterol jahat. Penyakit kolesterol dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes. Kandungan protein, vitamin A, B-1 pada bawang putih berfungsi sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat menormalkan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta jika 100 gram bawang putih memiliki kandungan air sebanyak 60% dan juga menghasilkan 122 kalori. Senyawa alisin pada bawang putih yang mengeluarkan bau menyengat saat dimemarkan bermanfaat untuk menguragi gejala diabetes.

Minyak Zaitun

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun bermanfaat menurunkan kadar “lippoprotein” LDL pada tubuh. Low Density Lippprotein menyebabkan kegemukan dan termasuk lemak jahat yang kurang baik bagi tubuh. Kegemukan akibat penimbunan lemak jahat ditambah jarang berolah raga akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Obat Herbal Ace MaxsKemudian selain makanan-makanan diatas, makanan lainnya yang juga baik untuk penderita diabetes adalah :

  • Buah-buahan : Buah naga, apel hijau, mengkudu, pepaya, cuka apel, alpukat, jambu air, dan belimbing wuluh.
  • Sayur-sayuran : Tauge (toge), lidah buaya, kangkung, kacang merah, kacang tanah, sawi hijau, daun pandan, daun selada, paria (pare), dan daun serai.
  • Makanan pokok : gandum, ubi jalar, beras merah, ketela pohon, dan kentang.
  • Daging : Ikan tuna dan ikan salmon

Nah, itulah beberapa Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes. Dan selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut anda juga bisa mengkonsumsi minuman herbal pencegah diabetes, yaitu Ace Maxs herbal, yang dibuat dari ekstrak kulit manggis dan daun sirsak. Dimana ramuan herbal ini sudah teruji klinis dan terbukti berkhasiat mengatasi, mengobati serta menyembuhkan diabetes sampai tuntas dan sembuh.

Lihat Testimoninya !

Baca Juga Artikel Lainnya :

.

One thought on “Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *