Tips Menurunkan Kolesterol Untuk Mencegah Diabetes

Tips Menurunkan Kolesterol Untuk Mencegah Diabetes

Tips Menurunkan Kolesterol Untuk Mencegah Diabetes merupakan salah satu langkah sederhana yang bisa anda lakukan agar tubuh anda dapat terhindar dari penyakit diabetes melitus yang berbahaya dan sangat mematikan. Dan dalam kesempatan ini, kami akan berbagi tips mengenai bagaimana caranya menurunkan kolesterol yang tinggi untuk mencegah diabetes melitus. Sebab kolesterol yang tinggi dalam tubuh memang menjadi salah satu faktor penyebab diabetes melitus. Untuk itu, jangan biarkan kolesterol tinggi membuat anda terkena diabetes melitus. Simklah beberapa tips berikut ini !

Tips Menurunkan Kolesterol Untuk Mencegah DiabetesKolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolestrol dalam darah terlalu berlebihan, maka akibatnya justru akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya dan mematikan, salah satunya adalah penyakit diabetes melitus, jantung koroner dan stroke. Kolestrol yang normal harus di bawah 200 mg/dl. Apabila di atas 240 mg/dl, maka anda berisiko tinggi terkena penyakit berbahaya tersebut.

Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit diabetes melitus??

1. Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Olahraga memang sangat menyehatkan, memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Bagi pengidap kolesterol tinggi, olahraga secara rutin dan teratur dapat menurunkan kolesterol dengan cepat dan sehat, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit diabetes melitus. Lakukan olahraga secara teratur minimal 3-5 kali dalam seminggu, dan mulailah dengan olahraga kecil terlebih dahulu dan tidak usah memaksakan untuk melakukan olahraga berat yang justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Olahraga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta dapat mempertahankan berat badan ideal.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Selain dengan berolahraga secara rutin dan teratur, kolesterol juga dapat diturunkan dengan banyak melakukan aktivitas fisik. Jangan biasakan tubuh anda untuk diam (jangan memanjakan tubuh anda). Artinya, biasakan untuk tidak selalu bepergian dengan menggunakan kendaraan, namun sebaiknya cobalah untuk berjalan kaki kalau jaraknya memungkinkan (dekat), agar tubuh anda tergerakkan. Dan perlu anda perhatikan juga, jangan pernah membiasakan langsung tidur setelah makan, karena dapat meningkatkan lemak dalam tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak.

3. Menjaga Pola Makan Sehat

Untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit diabetes melitus tidak cukup hanya dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur saja, namun juga harus diimbangi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, sebab ada banyak makanan yang justru dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan diabetes melitus.

Dan berikut ini adalah makanan, minuman serta bahan makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi, diantaranya :

  • Makanan pokok : Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 (ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon).
  • Buah-buahan : jeruk nipis, jambu biji/jambu merah, buah delima, buah mangga, buah blueberry, buah anggur, alpukat, buah zaitun, jeruk lemon, tomat, buah strawberry, dan buah apel.
  • Sayuran : bayam, seledri, buncis, dan bawang putih.
  • Minuman : teh hitam, juice brokoli, serta juice sanapis (sayur-nanas-jeruk nipis).
  • Makanan lainnya : beras merah, gandum, kedelai, kacang-kacangan, kacang hazelnut, serta biji bunga matahari (kwaci).
  • Bahan-bahan makanan : biji ketumbar, kayu manis, rimpang jahe, serta minyak zaitun/olive oil.

Selain itu, ada buah-buahan yang baru-baru ini diketahui memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya bisa menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah penyakit diabetes melitus, yaitu kulit buah manggis yang telah diteliti baru-baru ini. Dan untuk mendapatkan manfaat kulit buah manggis sebagai cara alami menurunkan kolesterol tinggi, anda tidak perlu repot-repot membuat ramuan atau minuman dari kulit buah manggis, karena kini sudah bisa menikmatinya pada obat herbal Ace Maxs, yang memadukan kedahsyatan manfaat kulit manggis, daun sirsak, bunga rosella hitam, apel, anggur dan madu.

Tips Menurunkan Kolesterol Untuk Mencegah DiabetesItulah beberapa Tips Menurunkan Kolesterol Untuk Mencegah Diabetes yang bisa kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat. Jadi jika anda merupakan pengidap kolesterol tinggi, segeralah lakukan tindakan nyata untuk menurunkannya agar dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya dan mematikan seperti penyakit diabetes melitus dan penyakit kronis lainnya.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *